5 Etika Berpromosi di Media Sosial

Perusahaan besar, bisnis rumahan, atau sekedar ingin membangun personal brand, media sosial menjadi kunci utama strategi pemasaraan saat ini. Kayaknya nih sekarang nih kalau menguasai pemasaran media sosial itu udah paling top deh di dunia perbisnisan.

Satu hal penting yang perlu diingat adalah etika, atau sering disebut netiket ya. Ingat, salah langkah bisa menghancurkan rencana anda. Masing2 media sosial punya cara bermain yang berbeda2. Perlu dipelajari dulu tuh supaya tidak salah langkah. Tapi secara umum,  pastikan selalu mengikuti  5 etika berpromosi di media sosial ini… eh sebenernya sih.. ini bukan khusus etika berpromosi aja, tapi umum etika bergaul di social media 😉

Etika #1: Be Yourself

Mayoritas masyarakat Indonesia sangat mementingkan kepercayaan online. Jadi jangan malu2 untuk menggunakan identitas asli anda di media sosial. Tidak disarankan menggunakan nama bisnis apalagi nama samaran.

Ketika menulis di media sosial, bayangin deh kalau lagi ngomong di depan banyak orang. Tanpa mengubah diri kita menjadi pribadi lain tapi tetep perlu menjaga komunikasi yang baik.

Etika #2: Berikan Informasi Apa Adanya

Jujur, tidak perlu dilebih2kan. Contoh aja kayak di bisnis mlm online saya paling sering downline nanya gini: mbak, kalau ada yang nanya, bonus aku berapa, aku harus jawab apa?

Lah ya bonus mu berapa? 500.000 ? 50.000 ? Ya jujur aja apa adanya. Tapi juga jelasin, itu kan karena baru satu bulan bergabung, dan tambahin testimoni leader lain yang sudah lebih dulu berhasil. Tidak perlu takut kehilangan calon pelanggan, karena jika memang ngga cocok sama produk kita, mau gimana juga pasti ngga akan goal deh.

Etika #3: Ikuti Peraturan

Hidup tidak lepas dari peraturan ya hehe… peraturan dibuat tentunya untuk membuat hidup ini lebih nyaman. Pastikan anda mengikuti peraturan yang ada baik dari media sosial maupun dari perusahaan yang anda wakilkan.

Seperti saya pernah cerita sebelumnya, kalau di Oriflame dan d’BC Network, kita ngga boleh bikin account / username media sosial menggunakan nama Oriflame maupun d’BC Network.

Pastikan juga membaca aturan main di setiap media sosial ya.. termasuk peraturan tidak tertulisnya, seperti kapan musti menggunakan retweet vs reply di twitter.

Etika #4: Aktif Berinteraksi

Ada sebutan influencers yaitu orang yang dapat mempengaruhi keputusan orang lain, ada juga sebutan broadcaster, yaitu orang yang cuma posting2 aja tanpa mempedulikan tanggapan yang masuk.

Media sosial itu kan komunikasi dua arah ya, jadi pastikan anda aktif berinteraksi dan membalas tanggapan2 yang masuk dari komunitas anda.

Bukan hanya memonitor hasil postingan anda, anda pun perlu mengkuti diskusi di komunitas anda.

Etika #5: Hargai Orang Lain

Ya kalau ini sih sebenernya etika di semua aspek kehidupan ya, yang perlu dibawa juga ke dunia media sosial. Hargailah orang lain, pertimbangkan terlebih dahulu apakah postingan anda sudah positif atau akan menjatuhkan pihak2 tertentu.

Bukan hanya apa yang anda tulis yang penting, tapi juga bagaimana cara anda membawakannya. Pemilihan kata2 nya misalnya, ini media sosial loh ya yang bisa langsung dilihat buayang orang.

Udah baca artikel ini belum?

yaaa.. itulah 5 netiket umum dalam ber sosial media… tak kasih PR nih yaa….  terkait etika #2 , seberapa banyak sih informasi pribadi yang harus kita pasang di bio media sosial?

 

 

 

Artikel Lainnya

7 Tugas Utama Seorang Manajer Media Sosial Jika anda memiliki bisnis sendiri dan menggunakan social media untuk promosi, berarti anda adalah seoarang social media manager. Apa aja sih kerjan...
Dampak Media Sosial Untuk Bisnis Anda Sudah tidak diragukan lagi, media sosial berperan sangat besar pada kemajuan bisnis anda. Apakah anda menjalankan bisnis offline maupun online, pelaja...
Pentingnya Gambar di Social Media Social media marketing (pemasaran di media sosial) berkembang sangat pesat beberapa tahun belakangan ini. Kayaknya seminggu aja ngga baca berita atau ...
Target Ulang Iklan Online Facebook, Google dan web2 atau social media lain bukan peramal tapi kok mereka tau ya apa yang lagi saya suka, sampai setiap habis browse sesuatu, ikl...
Ini Dia Cara Memblokir Iklan Pop Up dengan Mudah M... Iklan adalah ‘jantung’ sebuah bisnis. Tanpa iklan, sudah dapat dipastikan produk atau jasa sehebat apapun tidak akan pernah dikenal banyak orang. Alha...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *