Cara Mencari Uang di Internet

Secara garis besar, untuk dapat menghasilkan uang secara online saya bagi ke dalam 2 kategori. Pertama adalah  bekerja untuk orang lain dan dibayar, dan yang kedua adalah menjual produk / jasa milik sendiri sehingga kita memiliki bisnis kita sendiri. Sama lah prosedurnya kayak bisnis2 offline, bedanya hanya di cara pemasarannya yang murni dilakukan di internet, contoh simple, ga perlu tuh punya toko di mall, tapi cukup punya toko online di internet.

Kali ini saya mau merangkum pengalaman saya selama 18 tahun mencari uang di internet.

Melakukan pekerjaan untuk orang lain secara online dan dibayar. Ada banyak banget loh jenisnya, yang pernah saya lakukan ketika saya memulai karir saya di online pada tahun 1998 antara lain:

Freelancer mengedit dokumen. Iya cuma ngerapihin layout dan design document. Jobnya saya dapat di internet, dibayarnya pun per project melalui metode pembayaran online.

Membuat / mengoptimalkan web page / web site pesanan orang lain

Menjadi sekretaris sampai akhirnya naik jabatan jadi virtual office manager dari suatu perusahaan web development, dimana semua saya kerjakan dari rumah saja. Ini biasa diwebut remote worker.

Ada juga nih, cara2 yang hanya ada di dunia online, misalnya:

  • Membeli nama domain dengan harga murah, lalu dijual lagi untuk mendapatkan keuntungan
  • Mengembangkan suatu website, lalu pasang iklan di web tersebut, ntar bisa dapat income setiap ada yang klik iklan di web kita

Nah kalau yang satu ini adalah bisnis utama saya sekarang, jadi ceritanya di tahun 2009 saya meninggalkan semua jenis bisnis online lain dan fokus di bisnis jaringan. Iya saya memilih untuk meng-onlinekan bisnis mlm.

Ini baru cara2 cari uang online yang pernah saya kerjain loh, selain yang saya sebutin di atas, masih ada beberapa cara lain seperti dropshipping, penterjemah, jasa design, menulis, konsultasi, makelar online,  dan lain2.

Tentunya diperlukan beberapa keahlian khusus untuk menjalankan praktek2 internet marketing, tapi saya bisa pastikan, semuanya itu bisa diPELAJARI, tidak memerlukan background pendidikan special kok. Ya contohnya saya ini, semua saya belajar dari nol, belajar dari guru2 pilihan di internet dan juga dari om Yahoo (jaman sebelum ada google) dan mbah Google.

Terus kalau buat yang baru belajar, lebih baik memilih cara yang mana dong?

Nah… saya cuma bisa anjurkan, pelajari dulu semua secara garis besar, pilih satu dan kerjakan. Kalau ngga cocok, coba yang lain. Gitu deh sampai nemu yang cocok.

Karena ya teman2, apa yang cocok buat saya, belum tentu cocok buat anda, dan apa yang cocok buat anda, belum tentu cocok buat saya 😉

Yang pasti, kalau minta saran saya nih, ya pastinya saya saranin bisnis mlm Oriflame dong 🙂

Pelajari lebih lanjut:

Artikel Lainnya

MLM Online Lebih Mudah? Sampai sekarang, saya masih keberatan jika ada teman yang mendekati saya untuk menawarkan bisnis MLM. Mungkin alasannya sama dengan sebagian besar ora...
Mulai Dari Mana? Tulisan ini agak2 berhubungan dengan notes saya di FB tentang efektifnya marketing via FB. Dalam seminggu ini, ada 2 teman SD yang menghubungi saya. M...
Kiat Jadi WAHM Di salah satu milis ku ada yang bertanya kiatnya supaya bisa jadi WAHM (work at home mom) kiatnya? hmmm... mimpi, pengen, tujuan.... dari awal dulu...
Ada Apa Dengan WHY? Orang-orang yang menurut saya udah lama ngga ada kabar, ketika saya tegur dan bertanya: apa kabar? gimana bisnisnya? Biasanya langsung cerita p...

One comment on “Cara Mencari Uang di Internet

  1. “pelajari dulu semua secara garis besar, pilih satu dan kerjakan. Kalau ngga cocok, coba yang lain. Gitu deh sampai nemu yang cocok.” coba satu bisnis online trus ga cocok lalu pindah, ga cocok lagi pindah lagi,dst…. Apa nggak menyesatkan buat yg baru belajar mbak?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *