Penyebab Semangat Kerja Menurun

Cari Tahu Tanda Tanda dan Penyebab Semangat Kerja Menurun

Bekerja setiap hari dengan intensitas tinggi bisa menurunkan semangat kerja. Alasannya sederhana, Anda kelelahan. Jika tak segera diatasi, bisa bisa mengganggu kinerja serta kurang fokus dan berakibat segala pekerjaan begitu sulit diselesaikan. Yuk, kenali dulu tanda tanda kelelahan yang perlu diwaspadai dan apa solusinya.

Rasa Malas

Malas adalah salah satu tanda tanda jika Anda sudah harus mengambil waktu untuk bersantai. Tidak menutup kemungkinan loh jika rasa malas ini bisa mengarah kepada depresi. Untuk itu, aturlah waktu dengan keluarga atau pasangan dan nikmati segala sesuatu yang bisa menjernihkan pikiran. Agen travel memiliki tujuan menarik yang bisa dipilih atau bisa juga sekedar seru seruan di sebuah cafe. Yang penting, Anda senang dan sedikit bebas dari rutinitas. Tapi ingat, malas disini bukan berarti sifat yang suka menunda nunda ya.

Susah Konsentrasi

Begitu lamanya Anda menyelesaikan pekerjaan yang sebenarnya sangat mudah untuk dikerjakan hanya gara gara sulit untuk konsentrasi. Kondisi ini bisa terjadi karena tubuh dalam keadaan sangat lelah atau pun stres. Alhasil, pikiran negatif pun lebih menguasai yang membuat sulit mengambil kesimpulan. Tindakan apa yang diambil? Bersyukur.

Ya, metode ini cukup efektif untuk membangkitkan semangat kerja karena tidak sedikit orang yang merindukan pekerjaan yang sedang Anda lakoni. Atau, banyak juga yang mengalami kondisi sama namun tetap bertahan guna mencapai tujuan.

Stamina Menurun

Tubuh mudah lelah dan mengantuk. Kalau kondisi ini terjadi, sebaiknya segera perbaiki menu makanan dengan yang bergizi. Hindari makanan yang mengandung minyak atau lemak karena bisa membuat tubuh kurang bergairah.  Sebaiknya, pilih makanan yang menyehatkan seperti buah dan sayuran, serta tak lupa minum air putih. Satu lagi, jangan abaikan olahraga ya. Kalau yang satu ini sepertinya wajib dilakukan biar tak mudah capek dan fit terus.

Bosan dengan Rutinitas

Jangan marah atau bingung jika hal ini dialami karena banyak orang merasakan hal yang sama.  Kejenuhan karena mengerjakan tugas setiap hari bisa menimbulkan kebosanan dan pastinya, menurunkan semangat kerja. Cara mengatasinya mudah yaitu dengan mencari hal dengan tantangan baru.

Atau, bisa juga bergabung dengan jaringan yang memiliki profesi sama untuk menambah ilmu. Dengan komunikasi sesama anggota, hal yang unik bahkan tak pernah Anda dengar akan membuat hidup jadi lebih berwarna. Dan tentu saja, memberi hal positif bagi kinerja.

Nah, keempat tanda diatas adalah gejala umum yang biasa dialami oleh siapa pun. Meski demikian, bukan menjadi alasan untuk terus berada pada situasi tersebut mengingat kerugiannya lebih banyak dibandingkan kebaikan.

Oh ya, jangan lupa juga untuk mengatur bentuk atau tata ruang kerja. Meski perubahan yang dilakukan kecil, tapi bisa mempengaruhi semangat kerja loh. Contohnya Anda bisa letakkan akuarium mini di samping meja kerja bagi yang suka memelihara ikan, atau bisa juga mengganti warna serta mengubah sandaran duduk.

Bagaimana dengan musik? Memang sih, tak semua orang bisa mendengarkan musik sambil bekerja namun setidaknya bisa membuat pikiran menjadi lebih rileks. Untuk itu, pemilihan lagu yang sesuai dengan selera adalah hal yang bijak dan tepat.

Atau, mau coba liburan yang dilakukan setiap 2 bulan sekali? Tau gak, menurut sebuah survei semangat kerja yang menurun akibat pola kerja yang itu itu saja bisa dihilangkan dengan mengambil jatah libur tiap 2 bulan. Dicoba yuk!

 

Artikel Lainnya

Ada Apa Dengan WHY? Orang-orang yang menurut saya udah lama ngga ada kabar, ketika saya tegur dan bertanya: apa kabar? gimana bisnisnya? Biasanya langsung cerita p...
Sukses = Suka sama Proses Tadi abis ngepost ini di FB saya, ada yang nge-share post tersebut dengan tambahan description: SUKSES = Suka sama PROSES = Suka berproses.... (duh...
Aku Ngga Bisa Jualan…. Jadi ya, jaman sekolah dulu, bener2 merasa amit2 jabang bayi deh kalau disuruh jualan jadi sales / marketing (maap ga bermaksud mendiskeditkan sekelom...
Satu Kalimat Banyak Artinya Hari ini saya banyak mengisi waktu saya dengan membaca artikel motivasi. Dari sekian yang saya baca, ada 2 artikel yang yang menarik perhatian saya. ...
Bersyukur Sudahkah anda mengucap syukur hari ini? kalau pernah baca buku The Secret, pastinya udah mengerti ya apa gunanya bersyukur? Tapi apa perlu baca buk...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *