Percaya Pada Proses Menuju Tujuan

Tulisan ini saya mulai di pukul 17:42 WIT, 2 jam setelah tulisan pertama saya tampil di Facebook. Posisi sekarang… (udah kayak turnamen aja) 311 likes, dan 114 shares.

Saya jadi deg2 an mau ngelanjutin nulis, ntar kalau ngga sebagus tulisan sebelumnya gimana?

Iya itu yang membuat saya baru mulai nulis ini sekarang. Saya ragu karena orang2 udah nungguin tulisan selanjutnya, ntar kalau taunya di bawah harapan mereka dan yang nge like + share dikit, gimana?

Ah.. ngapain juga mikirin itu…

Saya coba balikin ke diri sendiri. Sebenernya kenapa saya pengen nulis? Apa yang membuat saya pengen cerita pengalaman saya? Apa semata pengen dapet likes dan share yang banyak? Nah lo haha….

Saya hanya ingin sekedar berbagi pengalaman saya, syukur2 kalau dianggap berguna.. kalau tidak, ya itu akan jadi tantangan saya selanjutnya untuk membuat pengalaman saya menarik dan menginspirasikan orang lain 🙂

So here it goes…

Cerita awalnya bisa di simak di sini
Cerita kepleset nya bisa di simak di sini

jadi lagi bahas soal TUJUAN dan PROSES… di cerita ‘kepleset’ saya ceritain gimana tujuan menjadi lebih mudah dicapai ketika saya menikmati proses melewati sawah,  kali ini mau saya mau sharing soal tujuan dan proses  yang saya alami ketika mengembangkan bisnis saya. Bagaimana ‘ilmu’ ini bisa menarik customer, atau untuk para networkers, memperluas jaringannya.

Ceritanya begini…
Udah tau kan ya, saya ini leader mlm Oriflame…
Waktu saya mulai tertarik bisnis ini di tahun 2006, yang ada di otak saya cuma mau punya income yang stabil….
Cuma mau ngebahagiain anak2 supaya bisa hidup lebih layak.

Ah itu mah bukan ‘cuma’ haha…

Ketika saya mulai menjalankan bisnis nya, saya agak2 berbelok dari budaya yang sudah berjalan bertahun2 di Oriflame. Karena basic nya saya ini Internet Marketer, jadi saya mau jalanin bisnis ini secara online.

Saya design konsep online nya, saya buat system online nya… saya sangat menikmati prosesnya…
Ketika begadangan nge coding program php bikin web2 untuk jalanin bisnis ini, saya ngga kepikiran sama tujuan awal saya.. bahkan kadang terlupakan..

tapi saya tau.. ini adalah proses menuju impian saya tersebut..

Lalu selain mengerjakan apa yang saya senangi, saya juga belajar kalau mau main online terutama sebagai leader mlm, musti bisa nulis.

Seperti paragraf awal tadi, dari dulu emang gitu, gugup kalau musti nulis, takut ini takut itu, apalagi kalau inget, pelajaran bahasa Indonesia adalah pelajaran dengan nilai terjelek jaman sekolah dulu hihi..

Tapi karena saya tau menulis itu penting, saya belajar, saya latihan… sampai saya menemukan kunci untuk diri saya menulis, yaitu ceritain aja pengalamannya… jadi musti bikin pengalaman yang worth to tell !

Hati mulai berbunga2 ketika ada satu dua orang yang bilang tulisan saya bagus… pas yang ngeshare tulisan sampai ratusan orang… udah pengen terbang aja rasanya baca pujian2 nya…

System online yang saya buat dengan senyum manis karena ngerjainnya emang dengan hati bahagia, tulisan2 yang saya tulis dengan tujuan semata sharing pengalaman… yang mana pada saat menjalankan keduanya saya tidak melulu fokus pada TUJUAN awal, saya fokus pada PROSES nya… membuat system nya, menulisnya.. rasa bahagianya….

Ketakutan menulis berhasil saya taklukan, lalu mulai banyak tuntutan mendengarkan saya secara langsung. Mampus deh…

Kemaren di acara Oriflame Denpasar sempet diledekin Ronny ASM Denpasar yang ngingetin saat pertama kali saya ngomong di panggung besar Oriflame… sumpah itu malu2 in banget!! Level boleh tinggi, kemampuan bicaara di panggung kalah sama yang level baru kata dia.. huh awas ya Ronnn haha…

Ok saya jadi tau, kalau di bisnis saya ini, ngomong di umum, ngasih training, ngasih motivasi, adalah suatu jalan menuju tujuan. Suatu proses yang musti saya jalani. Jalani dengan senang hati.

Akhirnya ya saya latihan.. saya banyakin bicara ke banyak orang walau hanya lewat webinar.. dan mulai menerima tawaran bicara di panggung sana sini….
Sekarang? Saya jadi banci tampil wkwkwkwk…

Saya percaya ini adalah jalan untuk mencapai impian saya..
Saya pasrahkan diri menjalani prosesnya…
Saya berikan usaha dan energi lebih pada prosesnya….

Bukan melulu fokus pada tujuan akhir
Bukan fokus mencari downline
Bukan fokus naik level

Dengan begitu, orang2 yang tepat datang di kehidupan saya.. Jaringan saya berkembang….

Ternyata.. dari jaman dulu pun.. saya FOKUS pada PROSES nya..

Ketika pertama kali di panggil naik panggung untuk menerima penghargaan The Fastest Growing Leader se Indonesia… saya bingung..

Kenapa bingung.. karena jaman itu saya sama sekali ga tau kalau ada penghargaan tahunan The Fastest Growing Leader…

Boro2 ngejar jadi the fastest.. tau ada istilah itu aja… engga… wkwk… ya itu bukti nyata dari pengalaman saya… ketika saya fokus pada proses, enjoying the process….. hasilnya jauh di atas harapan saya… saya jadi the fastest growing leader se Indonesia, se Asia lalu di tahun berikutnya, se Dunia.

Hasilnya tidak akan menghianati prosesnya (mengutip kata mas Arief)

Lalu, apa yang terjadi selanjutnya? Namanya manusia, ya manusiawi ya kalau terus terlena mengejar yang lebih tinggi.

Saya jadi fokus ngejar naik level, sampai pernah mencapai predikat leader no 1 nya Oriflame Indonesia, saya fokus menjadi the fastest….. saya fokus mengejar peringkat lebih tinggi di tingkat dunia….

dan…
saya lupa…
saya tidak menikmati prosesnya.

Hasilnya sudah bisa ketebak. Kepleset.

Lalu muncul berbagai macam alasan, bosan lah, sakit lah, masalah keluarga lah, capek lah, merasa udah waktunya pensiun dini lah, ini lah itu lah bla bla lah… hanya untuk mendukung ‘kepleset’ nya saya tersebut.

Ketika menyadari hal tersebut, saya benar2 malu, bukan malu sama orang lain, bukan malu dikalahin downline, tapi malu sama diri sendiri… wong gw masih mampu, masih bisa, masih muda (uhuk)… mosok mau pensiun sekarang?

Berdamai sama orang lain susah? Maafin orang lain susah?
Think again!
Berdamai dan maafin diri sendiri itu lebih susah jendral….!

So here I am… mulai menggali hobby2 saya lagi… benahin web2 saya lagi… mulai menulis lagi… karena saya tau itu prosesnya yang musti saya jalani… yang bisa membuat saya damai dan tentram menjalani hari demi hari….

Impian awal saya ketika join di Oriflame sudah tercapai.
Saat ini saya berada di masa musti upgrade impian.
Saya tentukan tujuan nya, impiannya..
Saya cari tau musti lewat mana untuk menuju ke situ…
Dan saya akan terus ngingetin diri sendiri.. untuk enjoy the process…

 

Tulisan ini selesai saya buat jam 19.53 WITA dengan posisi tulisan pertama di 398 likes + 142 shares 🙂

Kalau tulisan sebelumnya saya baca ulang 2 x sebelum saya publish… Tulisan ini saya baca 5x sebelum saya publish… saya mencoba untuk menjadi A BETTER ME… setiap saat.. setiap hari…

 

Artikel Lainnya

Ada Apa Dengan WHY? Orang-orang yang menurut saya udah lama ngga ada kabar, ketika saya tegur dan bertanya: apa kabar? gimana bisnisnya? Biasanya langsung cerita p...
Cerita Inspirasi Menyusuri Sawah – Proses Me... Udah nonton video mas Arif nya? Ada di post saya sebelumnya. Satu pelajaran, tapi pasti pengertiannya berbeda2 tergantung dari banyak hal termasuk ‘ke...
Sukses = Suka sama Proses Tadi abis ngepost ini di FB saya, ada yang nge-share post tersebut dengan tambahan description: SUKSES = Suka sama PROSES = Suka berproses.... (duh...
Penyebab Semangat Kerja Menurun Cari Tahu Tanda Tanda dan Penyebab Semangat Kerja Menurun Bekerja setiap hari dengan intensitas tinggi bisa menurunkan semangat kerja. Alasannya se...
Bisnis Gagal? Apa Sih Penyebabnya? Bisnis Gagal? Jangan Menyerah! Jika saja menjalankan bisnis tak pernah mengalami kerugian alias gagal, tentu semua orang pengen terjun dalam bidang...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *