Walau sebenernya udah banyak juga tulisan saya soal bisnis internet marketing, tapi pagi ini, karena belum mood kerja, saya mau bahas dikit deh…

Sebenernya apa sih internet marketing, ya pemasaran melalui internet, apa pun bisa dipasarkan melalui internet, mulai dari buku ebook, mainan, jasa jual beli rumah, sampai bisnis mlm pun bisa dijalan kan dengan praktek internet marketing.

Apa sih hebatnya internet marketing,
ya bayangin aja, suatu barang / jasa yang tadinya hanya bisa dipasarkan di suatu kota saja, kalau lewat internet, jadi bisa dipasarkan ke seluruh Indonesia, bahkan Dunia
Tanpa keluar uang banyak, tanpa harus punya banyak toko, cukup bermodalkan komputer dan internet, sudah bisa memasarkan ke mana2.

Jual sesuatu di internet bisa di bagi, kira2 begini.

  1. produk, contohnya aja, banyak kan yang jualan baju di facebook
  2. jasa, saya waktu nyari2 rumah juga nyari broker rumahnya di internet, atau jasa penulis, yang sering saya pakai juga
  3. hmm yang ini sebutannya apa ya, internet marketing murni kali ya, contoh aja, bikin website, lalu dapet uang jika ada orang yang pasang iklan di web tsb

kira2 itu kali ya 3 kategori bisnis internet marketing, ada yang mau nambahin?

Beli produk / jasa di internet pun musti hati2, saya banyak baca, banyak yang tertipu, sudah transfer uang, barang tidak kunjung datang.

Begitu juga misalnya yang beli ebook / jasa online, biasanya sih ebook yang meng-iming2-i cepat kaya. Setelah di beli, ternyata isi ebook nya ‘sampah’ alias asal tulis, tidak berguna.

Sebaiknya baca dulu testimoni orang2di web nya, tapi jangan terlalu percaya juga sama testimoni yang ada di web tsb, gunakan kekuasaan om google, untuk me research, gw beli barang dari sapa nih? nih orang yang ngaku bisa ngajarin kaya siapa nih? yang ngasih testimoni orang nya beneran ada ga nih?

Pernah saya menemukan ada orang ngaku2 internet marketer jualan ebook cepat kaya, tapi pas saya googling, nama dia, dan nama2 yang ngasih testimoni, ga muncul loh di google.

kalau tv dan radio kan ada iklannya ya
status berseri juga boleh dong ada iklannya?

Salah satu ebook teman saya yang saya bantu script web nya adalahwww.TravelHemat.comĀ dan ini sudah berdiri sejak tahun 2007, dan masih terus menghasilkan.

karena memang isinya bermutu.
Tapi kan mbak, banyak info travel hemat di internet, kenapa harus beli ebook?

ya bedanya, ini sudah dikumpulkan jadi satu, dan ini bener2 pengalaman si penulis, teman baik saya itu mas Agung Basuki.

Terus kenapa sih kok harga ebook biasanya lebih mahal dari harga buku di toko buku, menurut saya, karena dari sini bisa ‘menghasilkan’ juga, yaitu dengan menjadi affiliatenya, dimana jika kita berhasil memasarkan ebook tsb, kita dapet komisi.

Coba deh di liat juga, sudah lama web tsb berdiri, atau sudah berapa lama toko di FB itu dibuat, kalau emang banyak menipu, pasti ga lama sudah tutup.

Bikin website gampang
bikin ebook, gampang, banyak yg ceplak ceplok in tulisan sana sini doang
terus bikin sales letter yang menggiurkan
kasih foto dg background rumah dan mobil mewah
tempelin foto ntah siapa lagi megang duit / cek sebagai testimoni
Jual deh ebook nya…
ehhh saya bukan ngajarin kalian nipu yaaa wkwkwk
saya ngajarin, hati2 kalau beli ebook2 di internet ituh….
lakukan research terlebih dahulu..

Walaupun begitu, udah niat baik dan benar bikin ebook bermutu, eh di bajak.. haha maap curcol..
ngga, yang saya mau sampaikan, pasti akan tetap saja customer yang ga puas, yang nunggu2 kok ebook ngga datang2 wkwk, namanya ebook ya di download atuh :p
ada yang protes ga bisa buka ebook nya, ternyata ga punya pdf reader
eh terus kita di bilang penipu… nasib šŸ˜€

Waktu jamannya saya jualan ebook, saya sudah pakai script yang saya beli untuk memprotek ebook saya tersebut
suatu hari, saya dapat email, dari seorang ‘hacker’
dia bukan ngancem minta duit atau apa, dia bilang akan menyebarkan ebook bajakan saya itu
saya dengan santai bilang, silahkan saja mas, saya percaya setiap orang punya jalannya sendiri yang sudah ditentukan olehNya
kalau sampai ebookĀ bajakan saya tersebar dan saya dirugikan, ya sudah. mau diapain lagi. Undang-undang juga tidak mengatur soal ini.

Eh akhirnya dia merasa aneh kali ya kok saya ga marah, ebook saya ga jadi disebar (walalu tetep ada orang lain yg melakukannya) dan akhirnya saya malah temenan deh tuh sama si hacker tsb, kemana ya dia….

Teman2, bisnis internet adalah bisnis kepercayaan. Jika tidak membawa nama perusahaan dalam melakukan bisnis di internet, berarti kita harus ‘menjual’ nama diri kita sendiri.
Pernah suatu malam, jam 1 pagi gitu deh, ada yang nelpon saya bilang ini:
Dia; Halo, ini mbak Dini?
saya: iya
Dia: mbak Dini Shanti yang di internet itu?
Saya: iya bener
Dia: oh ya udah makasih mbak
tuuuuuuuuuuuuttttttttttttttttt

yailah, dia kira gw robot yang sering ngirim email kali ya, dia kira gw bukan orang beneran kali ya haha
Tapi dia pintar, dia memastikan dulu seorang Dini Shanti itu beneran ada, sebelum dia membeli / mengikuti bisnis2 saya.

Bergaul dengan sesama teman internet marketing juga penting, walau saya sudah lama ngga melakukannya.. hey kalian apa kabar semuaaaaa…

Tapi ternyata mereka masih berbaik hati mau memberikan testimoni di salah satu web baru saya

Ya karena testimoni di bisnis internet itu penting banget, bukan hanya isinya, tapi siapaaaaa yang memberikan testimoni tsb.

Sekali lagi, ini adalah bisnis kepercayaan!

Silahkan googling nama2 yang memberikan testimoni tersebut, di jamin orang beneran, dan orang2 yang sudah banyak malang melintang di dunia internet dan motivasi.

Pernah ada yang joke, kalau nama anda sudah ada di hasil saran pencarian google dg embel2 ‘penipu’ berarti anda sudah terkenal wkwkwk

coba aja ketikkan Dini Shanti di google, ntar muncul drop down, Dini Shanti PenipuĀ 

Itu artinya banyak orang yang pengen tau Dini Shanti itu penipu atau bukan? šŸ™‚

Banyak orang mengira, segala sesuatu di internet itu gratis, bisa asal comot, bisa asal copy paste, tapi dimanakah etika?

Coba bayangkan, anda menulis artikel dengan melalui research yang tidak sebentar, tiba2 hasil tulisan anda muncul di web / di buku orang lain tanpa ijin anda, bagaimana perasaan anda?

Jadi, janganlah sembarangan mengcopy paste hasil karya orang lain tanpa ijin. Hargailah hasil kerja mereka. Ituuuuu jika anda mau menjadi seorang internet marketer yang baik.

Sekali lagi, ini bisnis kepercayaan, jika ketahuan anda menggunakan karya orang lain apa lagi terus mengakui bahwa itu tulisan anda, ya berarti yang bisa dipercaya adalah si penulis aslinya bukan anda wkwkwk…

Ngga satu dua orang yang mencopy design web d’BCN, training nya juga. Mungkin mereka kira, tampilan web d’BCN yang bikin kita (puji Tuhan) sekarang bisa sebesar ini?

no, no, no… layout web dan training2 yang di taruh di publik itu hanya cover bukunya saja..

yang membuat kami bisa dibilang berhasil, adalah ‘dalamannya’ bagaimana kami memanagenya, bagaiman member2nya bersikap, bagaimana kami melatih mereka menjadi leader2 yang baik, dll dsbnya… setuju?